Kamis, 05 April 2012

Real Madrid tamatkan APOEL di Bernabeu

 

Real Madrid sudah menginjakkan satu kakinya di semifinal dengan kemenangan 3-0 di kandang APOEL minggu lalu. Kendati menang besar, Madrid harus menunggu hingga menit ke 74 untuk mendapatkan gol pertama di pertandingan itu.

Sepertinya tak akan banyak perubahan yang terjadi di pertandingan kali ini. Madrid mendominasi serangan dan APOEL tampil ultra defensif.


Hasilnya bisa ditebak; pertandingan berjalan satu arah saja. Kiper APOEL Urko Pardo dipaksa membuat penyelamatan gemilang saat pertandingan baru berjalan 5 menit. Usaha Ronaldo yang memanfaatkan bola liar masih bisa dimentahkan penjaga gawang lawan.

Peluang demi peluang didapat Madrid, di antaranya melalui Ronaldo, Kaka, dan Marcelo. Tetapi tidak satupun yang bisa berbuah gol. Sementara itu, APOEL yang hanya mengandalkan serangan balik lewat umpan panjang, nyaris tak pernah membahayakan gawang Iker Casillas.

Gol yang ditunggu publik Santiago Bernabeu akhir datang di menit ke 26. Crossing indah Marcelo berhasil dimanfaatkan Cristiano Ronaldo untuk mengoyak gawang APOEL.

Gol Ronaldo sepertinya membuat permainan Madrid lebih rileks. Mereka mulai bermain lebih sabar dengan tetap mendominasi penguasaan bola.

Madrid menambah keunggulan melalui Kaka di menit ke 37. Kaka yang menerima umpan Marcelo mengontrol bola sebelum menendangnya ke pojok atas gawang Pardo. 2-0 untuk Madrid!

Ronaldo dan Marcelo yang tampil eksplosif terus membombardir pertahanan tim tamu dengan serangan-serangan berbahaya. Tapi hingga babak pertama berakhir, kedudukan tetap 2-0 untuk Madrid.

Di masa rehat, Jose Mourinho menarik keluar Marcelo untuk digantikan oleh Jose Callejon. Babak kedua dimulai dengan Madrid yang mengendurkan serangan.

Madrid kembali melakukan pergantian pemain. Kali ini Gonzalo Higuain yang digantikan Angel di Maria. Kendati Madrid terus menekan, tak ada gol yang tercipta hingga 20 menit babak kedua berjalan. Dan di menit ke 65, Raul Albiol masuk menggantikan Esteban Granero.

Madrid yang terus menyerang dikejutkan dengan gol yang dibuat oleh Gustavo Manduca hasil umpan dari Ailton. Kedudukan 2-1 sekarang!

Setelah gol itu APOEL tampil lebih terbuka dan melakukan 2 pergantian pemain berturut-turut. Manduca digantikan Aldo Adorno dan Esteban Solari masuk menggantikan Ailton. Pergantian ini terbukti efektif karena APOEL nyaris menyamakan kedudukan beberapa kali.

Madrid yang tersengat gol APOEL kembali melancarkan serangan. Ronaldo kembali mencetak gol di menit ke  75 melalui tendangan bebas cantik. Callejon menambah keunggulan Madrid di menit ke 80. 4-1 untuk Madrid!

APOEL mendapat penalti hanya 2 menit kemudian. Esteban Solari yang menjadi eksekutor berhasil mempersempit ketertinggalan timnya menjadi 4-2.

Madrid kembali menjauh. Di Maria menggiring bola dari tengah lapangan sebelum melepaskan tendangan yang tak mampu diantisipasi oleh Pardo. Gol di Maria menjadi gol penutup di laga itu dan Madrid menang dengan skor akhir 5-2.

Madrid lolos ke semifinal Liga Champions dengan agreagat 8-2 atas APOEL Nicosia. Mereka akan menantan Bayern Munich di semifinal nanti. Meski kalah besar, APOEL patut berbangga atas apa yang sudah mereka capai musim ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar